Arsip Kategori: Paket Wisata Jogja

Paket Wisata Jogja 1 Hari ~ Tour Jogja Sehari

Paket Wisata Jogja 1 Hari mengunjungi banyak destinasi wisata Jogja tidak akan pernah ada habisnya. Bagaimana, tidak? Hampir setiap harinya dibuka tempat wisata baru dengan konsep yang baru pula. Tak heran jika Kota Jogja dan sekitarnya kini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah bahkan mancanegara.  Paket Wisata Jogja Sehari dengan Wisata dengan beragam tema bisa kamu temukan di Kota Pelajar ini. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata kuliner, wisata spot foto hits, hingga wisata bersejarah.

Jogja sebagai kota yang masih melestarikan adat istiadat Jawa dan kental dengan budaya leluhur, pastinya juga menjadi daerah bersejarah di masa lampau. Nah, kali ini kami akan mengajakmu untuk mengunjungi salah satu wisata yang masuk dalam itinerary jogja 1 hari didalam daftar wisata Jogja yang wajib kamu kunjungi. Apakah itu? Wisata Kotagede.

Paket Wisata Jogja 1 Hari

Kotagede merupakan salah satu kawasan bersejarah di Kota Jogja. Memiliki julukan sebagai Kota Tua yang menyimpan cerita sejarah tentang lahirnya Kerajaan Mataram Islam. Puncak kejayaan kerajaan ini pada masa kepemimpinan raja ketiga. Pemimpinnya adalah Sultan Agung, cucu dari  Panembahan Senopati. Dia berhasil memindahkan pusat pemerintahan kerajaannya ke kawasan Pleret, Bantul. Pergi ke Kotagede, serasa pergi ke kehidupan Jogja 1700 tahun yang lalu. Bagaimana tidak? Kamu akan menemukan bangunan jaman dulu dengan arsitektur yang unik. Semua ada di dalam pilihan one day trip Jogjakarta yang ditawarkan oleh RoyalindoWisata.com

Kotagede merupakan destinasi wisata Jogja yang menawarkan wisata tempo dulu, bangunan bersejarah, pemandangan kota tua, juga berbagai produk kerajinan. Dapatkan pengalaman liburan yang berbeda dengan mengunjungi kawasan Kotagede ini. Susuri setiap sudutnya dan nikmati romantisme kota tua ini. Penasaran dengan syahdu dan romantisnya wisata tempo dulu, Kotagede? Yuuk simak ulasan singkat berikut ini!

Lokasi Wisata Kotagede didalam Tour Jogja Sehari

Kotagede merupakan salah satu kecamatan di Kota Jogja. Jaraknya sekitar 5.2 km dari pusat Kota Jogja dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit.  Rute yang ditempuh untuk mencapai lokasi kawasan Kotagede cukup mudah. Dari Kota Jogja, pergi ke arah selatan di Jalan Mataram. Belok kiri menuju Jalan Juminahan. Terus saja ikuti jalan utamanya hingga ke Jalan Bausasran sejauh 550 meter.

Lalu belok kanan di perempatan SD N Tukangan, masuk ke Jalan Ki Mangunsarkoro. Kemudian sesampainya di pertigaan Kantor Kecamatan Pakualaman, belok kiri menuju Jalan Sultan Agung. Belok kanan masuk ke Jalan Batikan sejauh 1.7 km. Sesampainya di perempatan Jalan Menteri Supeno, belok kiri ke Jalan Perintis Kemerdekaan sejauh 1.2 km. Selanjutnya, kamu akan menemukan SMP N 9 Yogyakarta, di sebelah kanan jalan. Melajulah ke arah timur sedikit dsan temukan perempatan kedua setelah SMP N 9, kemudian belok kanan. Maka kamu akan sampai di kawasan Kotagede.

Paket Wisata Jogja Sehari

Sumber : google

Fasilitas Wisata Kotagede

Mengunjungi kawasan Kotagede, kamu tidak perlu khawatir, karena sudah tersedia fasilitas yang cukup memadai. Seperti, area parkir, tempat ibadah, tempat penginapan, warung makan, pusat kuliner, toko oleh-oleh, toilet dan masih banyak lagi.

Paket Tour Jogja 1 Hari : Daya Tarik Wisata Kotagede

Jika kamu mengunjungi kawasan Kotagede, kamu akan disuguhi pemandangan jalan dan gang kampung yang sangat sempit. Tahu nggak, sih? Dahulu, masyarakat Kotagede bermata pencaharian sebagai pedangang dan merangkap sebagai pengrajin perak juga batik. Di jalan dan gang kecil itulah mereka berjualan.

Kamu juga akan dimanjakan dengan bangunan-bangunan rumah yang unik. Kenapa unik? Karena bentuknya sangat berbeda dari rumah adat Jawa kebanyakan. Bangunan rumahnya besar-besar dan dikelilingi tembok bata yang sangat tebal dan tinggi pastinya. Ini merupakan bangunan peninggalan jaman dulu sebagai wujud pertahanan di masa Kerajaan Mataram Islam dahulu.

Paket Wisata Jogja 1 Hari Kini Kotagede menjadi kota yang ramai dikunjungi wisatawan. Bukan sebagai pusat pemerintahan atau ibukota Kerajaan Mataram. Melainkan sebagai lokasi wisata yang mengusung konsep tempo dulu. Datang ke Kotagede, kamu akan menjumpai deretan toko yang menjajakan produk kerajinan perak.

One Day Tour Jogja

Sumber : instagram / natsir_dabey

Keliling jogja 1 hari : Spot Wisata Tempo Dulu di Kotagede

Liburan di kawasan Kotagede, tidak hanya itu, guys. Kamu bisa menjelajahi setiap sudutnya, dan temukan hal yang menarik di sana. Banyak sekali tempat-tempat bersejarah masih tegak berdiri di kawasan ini. Apa saja? Masjid Agung Kotagede, Makam Raja Mataram, Pasar Kotagede, dan masih banyak lagi.

  • Masjid Agung Kotagede

Kurang lengkap rasanya kalau pergi ke Kotagede tidak mengunjungi tempat bersejarah ini. Apalagi untuk wisatawan muslim, wajib mengunjungi masjid ini untuk menjalankan ibadah sholat. Masjid Agung ini merupakan masjid tertua di Jogja yang terletak di kompleks dengan Makam Pendiri Kerajaan Mataram.

  • Makam Raja

Area makam raja ini berada sekitar 100 meter dari Pasar Kotagede. Makam-makam raja Mataram tersebut, berada di dalam bangunan tembok yang sangat kokoh. Arsitektur bangunan di area makam ini, kental sekali dengan unsur agama Hindu. Hal ini terlihat dari bentuk gapuranya. Juga dilengkapi dengan pintu yang kuat dan cukup tebal. Pintu tersebut terbuat dari kayu jati yang berhiaskan ornamen-ornamen atau ukiran yang sangat cantik.

Memasuki area makam tersebut, kamu bakal disambut dengan ramah oleh abdi dalem yang mengenakan pakaian adat Jawa. Mereka juga menjaga kompleks makam raja tersebut selama 24 jam secara bergantian. 

  • Pasar Kotagede

Merupakan pasar tradisional tertua yang ada di Jogja. Pasar ini aktif digunakan dari jaman Kerajaan Mataram Islam hingga kini, loh. Menarik, bukan? Meski masih aktif digunakan, namun pasar ini telah mengalami beberapa proses renovasi. Jangan khawatir, kamu tidak akan kehilangan kesan tempo dulu, karena posisi pasar dan arsitekturnya tidak berubah.

  • Rumah Tradisional

Kawasan Kotagede terkenal dengan kawasan bangunan tempo dulu. Juga terdapat bangunan-bangunan cagar budaya. Kamu akan dibuat terpesona dengan bangunan-bangunan di sana. Uniknya lagi, ada yang masih digunakan untuk tempat tinggal dan terawat baik.  Area rumah-rumah tradisional ini kerap kali menjadi spot foto hits para traveler.

  • Sisa Reruntuhan Benteng

Selain rumah tradisional, spot foto hits lainnya berada di area reruntuhan benteng. Ukurannya sekitar 400 x 400 meter, juga terdapat parit atau selokan. Dimana benteng tersebut, dulunya difungsikan sebagai benteng pertahanan keraton.

Nah, itu dia beberapa highlight wisata di Kotagede. Ingin merasakan hidup di masa lalu? Buruan ke Kotagede. Temukan mesin waktu dan kembali ke kehidupan tempo dulu. Dijamin, seru!

Sumber : instagram / mietasalma

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan kota tua, Kotagede. Apa saja? Wisata Budaya dan Sejarah, Ziarah dan Wisata Religi, Hunting Kerajinan Perak, Hunting Foto Hits, dan Wisata Kuliner. Gimana? Tertarik, dong untuk mengunjungi wisata dengan gaya tempo dulu di Kotagede dengan ikutan One Day Tour Jogja ala Royalindowisata.com ..

Yuk Buruan, bawa ranselmu, ikat kencang tali sepatumu, bawalah kamera terbaikmu dan cuss langsung tancap gas ke kawasan wisata Kotagede. Kalau kamu ingin liburan nggak pake ribet? paket wisata jogja 2 hari aja, guys. Akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Seperti, unit mobil ber-AC, driver yang berpengalaman, dan gokil. Kamu pun, akan diantar untuk keliling Kota Jogja. Sekarang ini, bukan jamannya liburan ribet! Mending sewa mobil Jogja aja, tinggal duduk manis, diantar driver, sampai deh ke lokasi wisata menarik di Jogja.

paket wisata jogja

Paket Wisata Jogja

Paket Tour Jogja: Pantai Parangtritis

Hai Sahabat Paket Wisata Jogja, pasti sudah pada tahu dong bahwa Pantai Parangtritis merupakan objek wisata pantai yang paling terkenal di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya di Kabupaten Bantul. Siapa sih yang tidak tahu dengan pantai yang terkenal dengan sosok Nyi Roro Kidulnya ini??? Ya, betul sekali Sahabat Paket Tour Jogja. Banyak yang percaya bahwa Pantai Parangtritis merupakan pantai yang memiliki banyak cerita mistis. Oleh karenanya, etika kita ketika berkunjung ke sana memang betul-betul harus dijaga. Tak hanya soal etika, hal-hal lain yang menjadi standar norma di sana pun juga semestinya diikuti. Misalnya, penggunaan pakaian berwarna hijau. Di parangtritis, Sahabat Paket Wisata Jogja nantinya akan dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau. Kenapa??? Jawabannya ialah karena warna hijau merupakan warna yang identik dengan Nyi Roro Kidul. Jadi, sebaiknya kita tidak menyaingi beliau ya. Kalau ada pengunjung yang menggunakan pakaian berwarna hijau, dikhawatirkan pengunjung tersebut akan terseret ombak dan konon akan terbawa hingga ke istana Nyi Roro Kidul. Wah, serem juga ya, Sahabat Paket Liburan Jogja. Kalau begitu, demi keamanan Sahabat Paket Tour Jogja, sebaiknya patuhi saja ya aturan ini. Terlepas kalian percaya atau tidak, menurut Mimin sih tidak ada ruginya juga kalau kita mematuhinya kan.

Pantai yang berjarak 27 kilo meter dari kota Yogyakarta ini memiliki garis imajiner yang menghubungkannya dengan keraton dan Gunung Merapi sehingga membentuk garis sejajar.

Keindahan Pantai Parangtritis tidak hanya terletak pada pantainya itu sendiri. Namun, ada spot lain yang juga tak kalah menariknya, yaitu candi yang terletak di atas bukit di sebelah timur pantai. Untuk menuju ke lokasi tersebut, Sahabat Paket Wisata Jogja bisa menggunakan kendaraan atau jalan kaki ketika menuju ke atas bukit. Namun, sesampainya di jalan setapak yang ada di atas bukit, Sahabat Paket Tour Jogja sudah tidak bisa menggunakan kendaraan lagi, tetapi dengan berjalan kaki untuk bisa sampai ke candinya. Hanya saja, untuk saat ini terdapat larangan bagi para pengunjung untuk tidak berada terlalu dekat dengan bibir tebing pada bukit tersebut karena sebelumnya pernah mengalami kelongsoran.

Salah satu hal yang paling menarik dari Pantai Parangtritis ini ialah sunset di sore hari. Deburan ombaknya yang besar khas Pantai Selatan Jawa dipadukan dengan warna jingga yang berasal dari sunset tersebut membuat suasana benar-benar romantis bagi Sahabat Paket Liburan Jogja yang datang dengan kekasih. Tapi, awas lho, datang sendiri pada saat tersebut berpotensi membuat Sahabat Paket Tour di Jogja akan digelayuti oleh rasa baper. Hahaha.

Selanjutnya, buat kalian yang tidak bisa berdiam diri di situ-situ saja, di Pantai Parangtritis juga menyediakan fasilitas All-terrain vehicle lho. Kalian yang senang pecicilan, bisa nih menggunakan All-terrain vehicle untuk berkeliling pantai sambil menikmati angin pantai yang ssepoi-sepoi. Untuk biaya sewa All-terrain vehicle hanya Rp50.000,- saja lho. Nah, puas-puasin deh tuh.

Hal menarik lain dari Pantai Parangtritis ialah lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok. Kedua pantai tersebut sering sekali mengadakan festival layangan dan paralayang. Di Pantai Depok sendiri, sering kali diadakan lelang ikan. Jadi, Sahabat Paket Wisata Jogja bisa membeli hasil laut yang dilelang di Pantai Depok ini dan meminta pihak-pihak terkait di lokasi untuk memasak hasil laut tersebut untuk kemudian dinikmati bersama.

Wah, mantap kan??? Bagi kalian yang ingin kemping juga bisa lho. Pantai Parangtritis juga memberikan sensasi tersendiri. Terutama ketika di malam hari. Rasanya itu benar-benar memacu adrenalin. Hal ini tentu tak terlepas dari suara-suara deburan ombak yang cukup mencekam.

Bagi Sahabat Paket Tour di Jogja yang memiliki jiwa petualang, yuk segera daftarkan diri kalian ke biro tour yang menawarkan paket liburan murah ke Yogyakarta. Royalindowisata merupakan biro wisata yang menawarkan paket tour domestik murah, termasuk di dalamnya paket tour Jogja murah yang siap memanjakan kalian yang memiliki jiwa petualangan mengebu-gebu. Langsung saja hubungi customer service Royalindowisata dan lakukan survei berkenaan dengan paket Wisata Jogja.